Disdik OKU Dukung Penghapusan UN

oleh -336 views

Baturaja . CJ . Com – Dnas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mendukung Pemerintah Pusat menghapus Ujian Nasional (UN) pada 2021 dan mengganti dengan sistem baru guna menentukan kelulusan siswa.

“Kami mendukung kebijakan tersebut untuk kemajuan dunia pendidikan di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten OKU,” ujar Kadisdik OKU, Teddy Meilwansyah belum lama ini.

Menurut dia, langkah dan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makariem mengganti sistem UN guna menentukan kelulusan siswa direncanakan mulai 2021 dengan sistem penilaian baru yaitu melalui asesmen kompetensi minimum dan survei sebab karakter. Dia menjelaskan, gagasan itu bermula dari keresahan siswa, orang tua dan guru atas pelaksanaan ujian nasional yang selama ini dinilai perlu dilakukan perubahan.

BACA JUGA ;   Dalam Rangka Mendukung Program Adipura Desa Lubuk Leban Membagikan Kotak Sampah Di Setiap Rumah Warga

“Sebab selama ini pendidikan yang telah berjalan selama tiga tahun hanya ditentukan oleh UN. Padahal, UN bukan menilai kelulusan melainkan mengukur kompetensi, karakter dan kemampuan siswa,” jelasnya.

Ia menilai kebijakan yang diambil oleh pemerintah mengganti UN dengan sistem baru dalam menentukan kelulusan siswa merupakan langkah yang amat tepat.(RD ) ***