Desa Pusar Gelar Festival Kesenian dan Perayaan Penyambutan Piala Kalpataru Tingkat Provinsi Sumsel

oleh -41 views

BATURAJA. CJ .Com – PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menghadiri Acara Festival Kesenian dan Perayaan Penyambutan Piala Kalpataru Tingkat Provinsi Sumsel, Bertempat Halaman Kantor Desa Pusar Kecamatan Baturaja Barat. (Selasa, 16/11/2021).

Kepala Desa Pusar Zainuddin, Menyampaikan festival ini adalah salah satu bentuk syukur dan suka cita Pemerintah Desa Pusar dan masyarakat untuk menyambut pencapaian Desa Pusar yaitu penghargaan Piala Kalpataru tingkat Provinsi Sumsel yang berhasil diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sumsel kepada Desa Pusar Kabupaten OKU dalam melestarikan alam tentunya pencapaian ini tidak terlepas dari semua dukungan Pemerintah, BPD, masyarakat dan juga Karang Taruna yang ada di Desa Pusar ini.

Kegiatan melestarikan alam ini memberikan dampak yang baik agar alam di bukit katung yang saat ini merupakan potensi untuk dikelola menjadi wisata alam dan dimanfaatkan sebaik baiknya bagi warga Desa Pusar karena mengingat ini satu-satu nya Wisata Alam Desa Pusar OKU yang mengikuti lomba wisata Desa tingkat Nasional.

BACA JUGA ;   Di Duga Prustasi Di Putusin Pacar Pemuda 19 Tahun Nekat Panjat Tower Setinggi 45 Meter

PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menyampaikan menyambut baik Piala Kalpataru tingkat Propinsi Sumatera Selatan, yang berhasil diraih oleh Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Pusar, yang sesungguhnya merupakan bentuk penghargaan dari Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan atas kepedulian masyarakat dalam menjaga kelestarian alam di sekitarnya. Tentu saja, keberhasilan ini sudah pasti merupakan hasil kerja keras dan buah karya dari kebersamaan masyarakat Desa Pusar, serta bukti nyata dari komitmen sebagian warga desa yang didukung penuh oleh Pemerintahan Desa Pusar untuk menjaga lingkungan alam dan menciptakan suasana alam melalui kreativitas membangun wisata alam di lingkungan desa tanpa merusak daya dukung lingkungan alamiah yang ada.

BACA JUGA ;   Bupati OKU Bersama Dirut BPR BTA Melepas Team Gumarang FC Turnamen Sepak Bola Sriwijaya FC U - 18

Piala Kalpataru ini sesungguhnya bukanlah tujuan utama dan akhir dari langkah kita Pemerintah bersama semua masyarakat OKU untuk menjadikan hutan dan taman wisata bukit katung menjadi obyek wisata di Desa Pusar agar lebih bersih dan lebih tertata. Namun mari jadikan keberhasilan meraih Piala Kalpataru sebagai titik awal untuk membenahi tata kelola kawasan hutan taman wisata bukit katung beserta seluruh obyek wisata yang ada dalam wilayah Kabupaten OKU supaya menjadi lebih baik lagi.

Diantaranya, segera dilaksanakan secara berkelanjutan yakni gerakan menanam pohon diberbagai tempat dan oleh semua elemen masyarakat, gerakan cinta flora dan fauna, gerakan peduli bukit-bukit hijau, gerakan bersih sungai ogan, gerakan penyediaan tempat sampah secara massal dan swadaya di tingkat RT dan lingkungan pemukiman, gerakan peduli sampah di sekolah-sekolah, kreasi pemanfaatan limbah sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat misalnya kerajinan tangan dan pembuatan pupuk kompos dan lain sebagainya dan tentunya semua aksi tersebut sudah pasti memerlukan dukungan kita semua guna mensosialisasikan serta menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi aktif, terutama yang menyangkut aspek edukasi bagi anak-anak mulai dari lingkungan rumah tangga dan lingkungan sekolah agar membudayakan hidup bersih dan peduli dengan lingkungan sekitarnya.

BACA JUGA ;   Polsek Baturaja Timur Gelar Kegiatan Mang PDK Kampung Serbu Beri Himbauan Proses dengan Pengeras Suara

Acara dilanjutkan dengan Penyerahan Piala Kalpataru oleh PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., kepada Kepala Desa Pusar dan Penyerahan Piala Adiwiyata Kepada Kepala Sekolah SMPN 32 OKU.

Turut hadir, Kadin Lingkungan Hidup Kabupaten OKU, OPD Terkait, Muspika Baturaja Barat, Kades Pusar OKU, Ketua Pelaksana Festival Kalpataru OKU,
Ketua BPD Desa Pusar, Karang Taruna Desa Pusar, Serta Toko Masyarakat dan Tokoh Adat Desa Pusar. (R)***