Peresmian Pasar Desa Tungku Jaya Di Sambut Antusias Masyarakat 

oleh -166 views

BATURAJA Cj .Com -Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Mendampingi Pj. Gubernur Sumatera Selatan Dr. Drs. H. A. Fatoni, M.Si., Meresmikan Pasar Desa Tungku Jaya Kecamatan Sosoh Buay Rayap dan Pasar Desa Sari Bumi Desa Karya Mukti Unit 12 Kecamatan Sinar Peninjauan, sekaligus melakukan Penanaman Perdana Bawang Merah dan Penyerahan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBD) di Desa Tungku Jaya Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Jum’at, (03/11/2023).

Pj. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah, Menyampaikan bahwa Maksud pembangunan fasilitas pasar rakyat atau pasar desa ini tentunya adalah untuk meningkatkan pelayanan publik, serta mendorong berkembangnya pusat pertumbuhan dan sentra aktivitas ekonomi masyarakat.

Sedangkan tujuan pembangunan pasar Desa Tungku Jaya dan Pasar Sari Bumi Desa Karya Mukti Unit 12 ini, untuk membantu masyarkat dalam memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari, terutama yang menyangkut kebutuhan pokok rumah tangga. Selanjutnya untuk membentuk sentra transaksi ekonomi, dimana sebagian warga yang bermata pencaharian sebagai pedagang mampu memiliki sarana perdagangan yang lebih permanen.

Penyusunan Renaksi Penerapan SPM Daerah Jadi Kunci Keberhasilan Pencapaian SPM
Dan, untuk membantu warga dalam mendistribusikan dan menjuan hasil usaha pertanian dan komoditi dagang lainnya. Serta, untuk menstimulasi atau menggerakkan roda ekonomi di tingkat lokal.

BACA JUGA ;   Bapati Oku Tinjau Pos Pengamanan Operasi Lilin 2019

Selain itu, acara pada hari ini juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan pasang baru listrik (BPBL) yang dilaksanakan oleh PT. PLN sebanyak 428 rumah tangga yang tersebar di 19 Desa dan 4 Kecamatan, dan khusus desa Rungku Jaya dan Desa Mekar Jaya adalah Bantuan Pj. Gubernur Sumsel. Termasuk akan kita serahkan bantuan dana hibah dan bantuan Pj. Bupati OKU untuk mendukung kelancaran pembangunan masjid di Desa tungku Jaya ini.

“Kami juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada PT. PLN UP3 Lahat yang telah membantu pemasangan baru aliran listrik secara gratis bagi masyarakat yang memang memerlukan, dan semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Serta, kepada pihak Bulog divisi regional Baturaja atas semua kegiatan pasar murah yang telah terlaksana di beberapa titi wilayah Kabupaten OKU yang diharapak dapat membantuk meringankan beban masyarakat”, pungkasnya

Pj. Bupati OKU H.Teddy Meilwansyah
mewakili masyarakat Kabupaten OKU juga Mengucapkan Terimakasih kepada bapak Gubernur Sumsel 2018-2023 bapak H. Herman Deru karna berkat beliaulah pasar Tungku Jaya ini bisa berdiri dengan sangat megah seperti yang kita lihat sekarang ini.

BACA JUGA ;   Kacatan Baturaja Timur Usul Kan 157 Pembangun

Kami juga menyampaikan bahwa dalam rangka menekan angka inflasi di Provinsi Sumsel khususnya di Kabupaten OKU, bahwa kami memiliki program diantaranya beberapa daerah di Kabupaten OKU dijadikan Sentra Perkebunan dan budidaya ikan serta kami membagikan kepada masyarakat bibit sayuran (Starter Kit) yang dapat di tanam di halaman rumah masing-masing. Dan kami juga berkala setiap ada kenaikan bahan pokok di pasar, dengan bekerjasama dengan stakeholder terkait kami melakukan oprasi pasar, dan akan terus berlanjut agar masyarakat dapat terbantu dengan adanya harga bahan pokok yang stabil.

Sementara, Penjabat Gubernur Sumsel Dr. Drs. H. Agus Fatoni, M.Si., menyampaikan bahwa Pemprov Sumsel sejak tahun 2021 sampai 2023 telah membangun dan merevitalisasi sebanyak 16 unit pasar, di antaranya 2 pasar di Kabupaten OKU, yang hari ini akan bersama-sama kita resmikan.

“Pada kesempatan ini kami sampaikan pula bahwa, saat ini kita sedang menghadapi cuaca panas (Elnino) yang menyebabkan berbagai hal terjadi, diantaranya gagal panen karena kekeringan dan kebakaran, serta produksi pangan menurun yang mengakibatkan inflasi. Untuk itu kita semua harus siap menghadapi ini dan berperan aktif dalam mengatasi semua yang terjadi pada saat ini, dengan cara tidak boros pangan serta kita menanam sendiri kebutuhan pokok di kebun maupun pekarangan rumah kita agar kebutuhan sehari-hari dapat tercukupi, serta mendistribusikan hasil panen di daerah kita sendiri agar harga pangan dapat terjangkau dan dapat menekan angka inflasi”, ujarnya.

BACA JUGA ;   Kapala Unit Samsat OKU 1 Himbau Lising Jangan Persulit Konsumen Bayar PKB

Kami juga menghimbau agar kegiatan pembakaran untuk membuka lahan dapat kita cegah bersama-sama, agar kondisi udara disekitar kita dapat terjaga dengan baik. Selanjutnya dalam rangka penangan stunting, diharapkan kita semua dapat memastikan anak Balita termasuk yang belum menikah agar menjaga kesehatan dengan asupan makanan yang cukup dan sehat. Kemudian kami berharap mulai dari Pemerintahan Desa sampai ke Pemerintahan Kabupaten dan stakeholder terkait agar dapat menjadi orang tua asuh kepada anak-anak stunting agar kita dapat bersama-sama menyelesaikan permasalahan stunting ini. Tutup nya (Rd)****

No More Posts Available.

No more pages to load.