Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Bersama Kapolda Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi  Covid 19 Di Rutan Palembang

oleh -875 views

PALEMBANG CJ .Com – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan Indro Purwoko bersama Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan Irjen. Pol. Drs. Toni Harmanto memantau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada 625 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), di Rumah Tahanan Negara Kelas I Palembang, Selasa (2/11).

Pelaksanaan vaksinasi ini terselenggara atas kerja sama dan sinergitas yang baik antara Kanwil Kemenkumham Sumsel dengan Polda Sumatera Selatan. Sebelumnya, pelaksanaan vaksinasi gelombang pertama telah dilaksanakan terhadap 632 WBP yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Palembang pada 22 September 2021 lalu. Proses Vaksinasi dimulai dari ruang tunggu untuk pendaftaran, selanjutnya screening awal yang terdiri dari pengukuran tensi dan pendataan kondisi kesehatan dan riwayat penyakit, dilanjutkan dengan pelaksanaan vaksinasi, dan ditutup dengan observasi di ruang pemantauan, dengan petugas hasil kolaborasi antara tenaga medis Kanwil Kemenkumham Sumsel dan dibantu oleh tenaga medis dari Polda Sumsel.

BACA JUGA ;   Bupati OKU Drs H Kuryana Azis Hadiri Pisah Sambut Dandim 0403 OKU

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Sumsel Irjen. Pol. Drs. Toni Harmanto juga menyempatkan diri menyapa WBP serta memberi semangat bagi tenaga kesehatan yang bertugas. Dia juga mengapresiasi penuh kolaborasi antara Aparat Penegak Hukum (APH) dalam rangka memenuhi hak-hak WBP. “Pada dasarnya para WBP juga mempunyai hak yang sama dengan masyarakat pada umumnya, hanya saja mereka saat ini sedang menjalani proses pembinaan di dalam lapas/rutan. Maka saya sangat apresiasi dan mendukung penuh sinergi antara Polda Sumsel dengan Kanwil Kemenkumham Sumsel dalam rangka mempercepat proses vaksinasi menuju Indonesia bebas dari pandemi,” tuturnya.

BACA JUGA ;   Masuk Musim Hujan, Forkopimda OKU Gelar Apel Siaga Bencana

Senada dengan Kapolda, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Indro Purwoko juga mengapresiasi jalannya giat vaksinasi ini karena merupakan salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Kapolda Sumsel beserta jajaran atas terselenggaranya vaksinasi hari ini. Tak lepas dari itu, saya juga mengapresiasi Bapak Mardan selaku Kepala Rutan Kelas I Palembang atas kinerja dan koordinasinya dalam memenuhi hak-hak WBP Rutan Palembang. Semoga vaksinasi dosis kedua dapat segera terjadwal guna memutus mata rantai Covid-19,” ujar Indro.

BACA JUGA ;   Kapolres Oku Mengelar Apel Gelar Pasukan Pengamanan Natal & Tahun Baru

Adapun kendala mengenai vaksinasi WBP adalah masih banyaknya WBP yang tidak memiliki NIK dan tidak terdaftar pada Dinas Dukcapil. “Ke depannya Menteri Hukum dan HAM RI akan menyurati Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri mengenai proses pelaksanaan vaksinasi warga binaan semoga bisa dilaksanakan tanpa memerlukan NIK,” tutupnya. (Humas Kanwil Sumsel). RL ***

No More Posts Available.

No more pages to load.