Untuk Menunjang Ekonomi Warga Pemdes Karang Dapo Prioritaskan Program Pemberdayaan 

oleh -1,068 views

BATURAJA CJ .COM – Pemerintah Desa Karang Dapo, dan Unsur BPD Kecamatan Peninjauan, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Jumat (02/07/2021), melaksanakan Musyawarah Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Desa Tahun 2022, bertempat di Lapangam Futsall Desa Karang Dapo.

Kepala Desa Karang Dapo, Martinawaty STP dibincangi di ruangan kerjanya mengatakan, usulan yang disampaikan masyarakat dalam Musdes RKP Tahun 2022 tersebut akan dibahas lebih lanjut pihaknya selaku pemerintah desa dalam menentukan arah program pembangunan desa yang selaras dengan RPJM desa. Menurut dia pihaknya akan memprioritaskan semua usulan yang telah disampaikan atau diajukan oleh masyarakat dalam penjaringan hasil musyawarah dusun (Musdus) yang telah dilakukan masing masing Dusun yang ada di Desa Karang Dapo. Dikatakannya, prioritas pembangunan di Desa Karang Dapo tidak hanya memfokuskan pada pembangunan fisik dan infrastruktur desa. Tetapi juga menekankan pada program pembangunan pemberdayaan masyarakat.

BACA JUGA ;   Gedung Serbaguna Desa Seleman Di Resmikan Bupati OKU

Sambung Martinawaty, jika dana desa lebih banyak ke pemberdayaan maka akan dapat mengerakkan perekonomian di desa sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Martinawaty, dari beberapa program usulan yang disampaikan masyarakat, pihaknya masih terkendala dengan upaya peningkatan pembangunan di wilayah dusun 3 dan 4 Desa Karang Dapo. Salah satunya yakni permintaan masyarakat untuk upaya pembangunan sanitasi air bersih. Yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

BACA JUGA ;   Bupati OKU Meminta Seluruh Aparat Selalu Siap Sedia Dalam Menghadapi Segala Kemungkinan Terjadinya Bencana Alam.

‘Sebab untuk di wilayah dusun 3 dan 4 kita terkadala mengenai lahan. Karena wilayah dusun 3 dan 4 itu kebanyakan masuk dalam wilayah perusahaan yakni Mitra Ogan. Sebab dana desa tidak bisa dipergunakan dalam wilayah perusahaan,” kata Martinawaty STP.

Meski upaya pembangunan fisik infrastruktur tidak bisa dilakukan, pihaknya selaku unsur pemerintah desa terus melakukan upaya peningkatan perekonomian masyarakat. Yakni berupa program pemberdayaan masyarakat. Seperti pelatihan, dan pembudidaya perikanan serta beberapa program pemberdayaan masyarakat lainnya.

Ditambahkan Kades Martinawaty, terlepas dari upaya pemerintah desa dalam upaya untuk meningkatkan pembangunan dan peningkatan perekonomian kesejahteraan masyarakat desa Karang Dapo. Pihaknya sangat berharap, adanya dukungan dan sinergi dari seluruh unsur perangkat lainnya termasuk dukungan dari unsur BPD. Karena menurut Martinawaty, dengan adanya sinergi dari dukungan unsur BPD tentu akan menjadikan Desa Karang Dapo akan lebih maju dan gemilang.

BACA JUGA ;   RUTAN BATURAJA TERIMA KUNJUNGAN OMBUDSMAN PROVINSI SUMSEL

“Boleh kalian kutip kata kata saya, ayo pemerintah desa dan unsur BPD bersinergi untuk kemajuan pembangunan dan peningkatan perekonomian masyarakat Desa Karang Dapo,” Kata Martinawaty STP. (R3D)**

No More Posts Available.

No more pages to load.