Pjs Bupati OKU Bersama Forkopimda Mengikuti Upara HUT TNI Yang Ke – 75 Secara Virtual

oleh -156 views

 

Baturaja CJ .Com -Penjabat Sementara (Pjs) Bupati OKU Muhammad Zaki Aslam, S.IP., M.Si Bersama Forkopimda OKU Menghadiri Upacara Peringatan HUT Ke-75 TNI Secara Virtual Dari Istana Negara Jakarta Bertempat di Makodim 0403 OKU, Senin (05/10/2020).

Upacara peringatan HUT Ke-75 TNI tahun 2020 berbeda pada tahun-tahun sebelumnya dilakukan secara virtual, dikarenakan masih pandemi Covid-19.

HUT Ke-75 TNI tahun 2020 mengangkat tema “Sinergi Untuk Negeri”. Bertindak sebagai inspektur upacara Presiden Joko Widodo, dihadiri wakil Presiden H. Ma’ruf Amin, Menkopolhukam, Menteri Pertahanan, Panglima TNI, Kepala Staf TNI AD, AL dan AU, dan Kapolri.

Pada kesempatan ini juga diberikan penganugerahan tanda kehormatan. Bintang kehormatan kepada prajurit TNI dari 3 Angkatan.

Presiden Joko Widodo, atas nama rakyat, bangsa dan negara, Presiden mengucapkan selamat HUT Ke-75 TNI, HUT TNI bukan saja diperingati oleh anggota dan keluarga besar TNI dimanapun berada, tetapi juga oleh segenap rakyat indonesia.

BACA JUGA ;   Kasad dan Rektor UGM Jalin Kerja sama Program Pascasarjana

Perjalanan panjang TNI, sejak perjuangan kemerdekaan hingga kini menunjukkan bahwa TNI adalah penjaga utama kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Lebih lanjut, Presiden mengatakan Dalam sejarah panjang TNI, kontribusi TNI untuk bangsa dan negara bukan hanya melalui Operasi Militer Untuk Perang (OMP), tetapi juga melakukan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang dengan sigap membantu rakyat yang sedang menghadapi bencana alam, termasuk dalam menghadapi Pandemi Covid-19 sekarang ini.

Atas nama rakyat indonesia, saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada keluarga besar, institusi TNI. Kepada para prajurit sedang bertugas di manapun, juga kepada para purnawirawan yang telah memberikan institusi dan prajurit TNI yang selalu berbakti untuk kemajuan negeri dalam dunia yang selalu berubah. Sebagai Panglima tertinggi TNI, saya menaruh harapan besar dan selalu mendukung transformasi penguatan TNI.

BACA JUGA ;   ODP Bertambah 1 Orang Menjadi 115 Orang,

Sejak awal reformasi telah banyak transformasi organisasi TNI, antara lain TNI mendukung secara tepat dengan kebutuhan konsolidasi demokrasi. TNI bisa adaptif dengan perkembangan ancaman pasca perang dingin, terutama terhadap ancaman-ancaman non konvensional dan ancaman trans nasional. TNI mampu menghadapi perkembangan teknologi militer, teknologi berbasis teknologi informasi, teknologi nano, dan teknologi automatisasi.

Pada bagian akhir, Presiden dalam lima tahun terakhir, TNI telah melakukan transformasi organisasi secara signifikan dengan mekakukan pembentukan satuan organisasi baru. Telah kita bentuk organisasi tempur baru, seperti Divisi 3 Kostrad, Komando Operasi 3 AU, Armada 3 AL, dan Pasukan Marinir 3.

BACA JUGA ;   Malkomardui Di Lantik Bupati OKU Jadi Direktur PD Pasar

Transformasi organisasi tersebut harus didukung oleh transformasi teknologi dan para personel, seperti Revolusi industri 4.0 telah menghasilkan teknologi baru termasuk teknologi militer.

TNI harus memanfaatkan lompatan di bidang teknologi informasi, teknologi nano, teknologi kecerdasan buatan yang dapat mengantisipasi karakter baru pertempuran masa depan yang mempunyai daya hancur lebih besar atau high level destruction. Untuk menguasai lompatan teknologi militer terkini, harus diubah kebijakan belanja pertahanan, menjadi kebijakan industri pertahanan.

Hadir pada acara ini Pjs Bupati OKU, Ketua DPRD, Dandim 0403 OKU, Kapolres OKU, Kajari OKU, Ketua Pengadilan Negeri, Kakanmenag, Asisten I, Kaban Kesbangpol, Kasatpol PP dan Kabag Prokopim dan Jajaran Kodim 0403 OKU.(RED/RL )****