Bupati OKU , Mengingat Kan Kepada Masyarakat Membuka Kebun Agar Jangan Membakar Lahan

oleh -1,042 views

 

Baturaja CJ .Com -OKU Drs. H. Kuryana Azis Menghadiri Acara Sosialisasi dan Penyerahan Simbolis Kelengkapan Satgas Karhutla Bertempat Di Lapangan sepak Bola Kedaton Timur (Minggu, 20/09/2020).

Camat KPR Novri Zaldi, S, STP, Msi pihaknya menjelaskan akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah terjadinya Karhutla, menurutnya bencana Karhutla merupakan tanggung jawab kita bersama mulai dari pemerintahan, TNI dan Polri, dunia usaha sampai ke masyarakat.

kegiatan ini dimaksudkan juga untuk melihat dan mendengarkan aspirasi masyarakat sekitar kawasan sehingga upaya dalam pencegahan karhutla menjadi lebih efektif dan efisien.

Selain dengan pola tatap muka, upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya karhutla juga dilakukan dengan pemasangan berbagai jenis peraga sosialisasi berupa papan himbauan serta spanduk berisi larangan-larangan melakukan kegiatan yang rawan menyebabkan kebakaran hutan serta mengolah lahan pertanian maupun perkebunan dengan cara dibakar.

BACA JUGA ;   Pemkab Oku jamin Pengobatan Bakarudin

agar lebih masuk ke lingkungan masyarakat dan Pihak kecamatan telah membentuk Satgas Karhutla desa siaga api dan pencanangan desa bebas api.

Harun sebagai Kepala Desa Kedaton Timur juga menyambut baik dengan diadakannya kegiatan ini agar bisa lebih meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan dan potensi dampak kebakaran hutan dan lahan, memberikan pemahaman serta kesadaran kita semua tentang pentingnya menjaga lingkungan yang sehat , nyaman dan bersih serta berdampak pada pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan.

Dalam arahannya Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis selalu mengingatkan kepada masyarakat saat membuka lahan tidak menggunakan dengan cara membakar, masyarakat yang membuka lahan dengan cara sengaja membakar akan dikenakan sangsi pidana penjara dan denda.

BACA JUGA ;   Wabup & Forkopimda OKU Melakukan Pengecekan Patroli Pengamanan Pergantian Tahun 2019

Kuryana juga menghimbau kepada masyarakat dan pihak terkait mari sama-sama kita berperan untuk menanggulangi bencana Karhutla di Kabupaten OKU ini agar bebas dari asap supaya tercipta udara yang segar dan sehat.

Bupati OKU selalu mengingatkan kepada satgas untuk selalu mematuhi protokol Covid-19 dalam bertugas dan juga pesan jaga kesehatan dan keselamatan yang lainnya juga.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan peralatan untuk pencegahan karhutla secara simbolis. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis kepada Kepala Desa di Ruang lingkup Kecamatan KPR.

Diharapkan dengan adanya bantuan tersebut dapat mengoptimalkan upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan serta dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya kebakaran hutan dan lahan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di kawasan Kecamatan KPR terutama desa-desa yang berbatasan langsung dengan kawasan hutan.

BACA JUGA ;   PIHAK PEMKAB OKU AKAN TERUS MENGGALAK KAN KEGIATAN JUM 'AT BERSIH SECARA KONTINYU

Wabup OKU Drs. Johan Anuar, S.H., M.M., juga menyampaikan unsur di desa bebas api terdiri dari para pemuda karang taruna dan relawan masyarakat setempat. Untuk lebih memaksimalkan tujuan, Pemkab OKU siap memberikan pelatihan, himbauan dan sosialisasi penanganan Karhutla.

Kita libatkan semua komponen termasuk perusahaan. Saya berharap semua masyarakat merespon pencegahan kebakaran dan ikut serta aktif menghimbau larangan pembakaran hutan.

Hadir juga pada acara ini, Anggota DPRD OKU, OPD dan Kabag Terkait, Muspika, Kades dan BPD se Kecamatan KPR, Satgas Karhutla Kecamatan, Para Relawan Api tingkat Desa serta undangan lainnya. (RED/RL )****

No More Posts Available.

No more pages to load.