Bupati OKU : Kepala Desa Adalah Sebagai Ujung Tombak Penyelenggaraan Pemerintah Daerah

oleh -467 views

BATURAJA Cj .Com – Bupati OKU Melantik Kepala Desa Hasil Pemilihan Serentak Tahun 2020 Kab OKU Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati OKU, Rabu Pagi, (22/04/2020).

Pelantikan 74 kepala desa dari 12 Kecamatan di Kab OKU dilaksanakan secara bertahap selama 4 hari yang dimulai tanggal 20 s/d 23 April 2020. Dalam satu hari, pelantikan dibagi 2 sesi, yaitu pagi dan sore hari. Tamu yang diundang sangat terbatas dengan mengikuti pemeriksaan protokol kesehatan yang cukup ketat.

BACA JUGA ;   Untuk Menunjang Ekonomi Warga Pemdes Karang Dapo Prioritaskan Program Pemberdayaan 

u mengakomodasi kepentingan masyarakat, karena kepala desa berada pada posisi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan otonomi daerah.

Selain itu, kepala desa harus mampu melakukan transformasi di segala bidang pembangunan sebagai pondasi bagi pemerintahan Kab OKU, dan harus mampu menggerakkan masyarakat desa untuk menjadi aktor pembangunan yang bertanggungjawab dan peka terhadap perubahan yang lebih baik.

Disamping itu, kepala desa dituntut untuk lebih kreatif dalam mewujudkan harapan masyarakat dalam melaksanakan pembangunan daerah, kepala desa tidak saja mengandalkan bantuan dari pemerintah, akan tetapi harus mampu menggali potensi yang ada di desa tersebut.

BACA JUGA ;   Pandangan Bupati OKU Terhadap Raperda Inisiatif DPRD Kab.OKU Tahun 2020 Di Wakili Sekda OKU

Lebih lanjut, Bupati mengatakan dalam melaksanakan program pembangunan yang berasal dari pemerintah seperti dana desa, ADD, dan bantuan lainnya diperlukan perencanaan yang matang dengan melibatkan BPD, perangkat desa, RT, dan semua unsur masyarakat.

Setiap pelaksanaan program pembangunan, kepala desa harus berorientasi pada hukum dan aturan yang telah ditentukan. Dan sebagai pemimpin masyarakat, kepala desa harus berorientasi pada pengabdian untuk melayani kepentingan masyarakat.

BACA JUGA ;   Koordinasi Rutan Baturaja bersama Polres OKU, Terkait Pelaksanaan Vaksinasi Bagi WBP yang tidak mempunyai NIK

Pada hari ketiga sesi pertama, Bupati OKU melantik 9 orang Kades berada di Kec. Lengkiti, yaitu desa Pagar Dewa Hairudin, Tualang Irwansyah, Sukaraja Emil Marwan, Bunga Tanjung Romina, Bandar Jaya Wal Adiah, Karang Endah Cik Ani, Tihang Rodi Johansyah, Lubuk Hara Asmadi, dan desa Tanjung Lengkayap Antoni.

Turut hadir pada acara ini Asisten I, Kadin PMD, Muspika, dan Pj. Kades setempat. (Red)****