Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis Mengatakan, Kades Terpilih Agar Dapat Memberikan Pelayanan Kepada Msayarakat

oleh -1,739 views

BATURAJA Cj .Com -Bupati OKU Melantik Kepala Desa Hasil Pemilihan Serentak Tahun 2020 Kab OKU Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati OKU, Senin Sore, (20/04/2020).

Menurut aturan Protokol kesehatan, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 salah satunya adalah dengan jaga jarak/social distancing.

Menyikapi hal tersebut, pelantikan 74 Kades dari 12 Kecamatan di Kab OKU dilaksanakan secara bertahap selama 4 hari mulai tanggal 20 s/d 23 April 2020, satu hari pelantikan dibagi 2 sesi yaitu pagi dan sore hari sedangkan tamu yang diundang jumlahnya terbatas.

Kepala desa adalah ujung tombak dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, untuk itu Kades dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas, sehingga mampu mengakomodasi semua kepentingan masyarakat, hal itu disampaikan Bupati OKU pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kades di Pendopo rumah dinas Bupati OKU.

BACA JUGA ;   Jalinsum Desa Sukarami Butuh Saluran Drainse

menerima kritik dan saran, serta melaksanakan tugas dengan segenap kemampuan yang ada.

Sesuai visi Bupati OKU, terwujudnya Kab OKU yang lebih maju, sejahtera dan berbudaya, Kades harus mampu menggerakkan masyarakat desa untuk menjadi aktor pembangunan.

Kades juga dituntut untuk lebih visioner, kreatif, dan inovatif serta mempunyai kewenangan untuk mengatur kehidupan masyarakat yang dituangkan dalam peraturan desa dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Demikian juga dengan penggunaan dana desa.

Lanjut Bupati, sesuai Perda nomor 6 tahun 2019, tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa, Kades tidak boleh memberhentikan perangkat desa kecuali meninggal dunia, permintaan sendiri, dan karena melanggar hukum.

Pada lebaran tahun ini, Pemerintah melarang untuk mudik ke kampung halaman, oleh karena itu apabila masih didapati pendatang yang pulang kampung agar kades dapat mendata untuk pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu di posko kesehatan, puskesmas dan melakukan isolasi mandiri dilaporkan ke posko penanganan Covid-19 di Kab OKU supaya penyebarannya dapat dicegah dengan baik. Selain itu juga agar setiap desa dibentuk tim relawan Covid-19.

BACA JUGA ;   Diguda Kumpul Kebo Caleg DPRD Oku Di Geruduk Warga

Untuk membantu meringankan beban penduduk miskin, pemerintah akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp.600.000 perbulan yang terkena dampak Covid-19 selama tiga bulan, yang dimulai April hingga Juni 2020. Menyangkut hal tersebut, Bupati menginstruksikan kepada kepala desa agar dapat mengiventarisasi penduduk miskin/kurang mampu dengan benar.

Sementara data penduduk miskin di Kab OKU tercatat sebanyak 23.000 lebih dari 143 desa semua ini masih diverifikasi lagi yang disesuaikan data yang ada di Kab OKU. Sedangkan penduduk miskin baru di Kab OKU tercatat sebanyak 20.000.

BACA JUGA ;   Bupati OKU Hadiri Acara Penyerahan Secara Simbolis Rehab Rumah Tidak Layak Huni

Masih dalam situasi wabah corona seperti ini, pelantikan kades ini tidak diikuti pelantikan Ketua TP. PKK desa, tetapi demikian Bupati mengatakan Ketua TP. PKK desa dilaksanakan menunggu situasi normal kembali namun semua program harus tetap dilaksanakan.

Pada hari pertama sesi kedua, Bupati Melantik 11 orang Kades berada di Kecamatan Peninjauan, yaitu desa Lubuk Rukam Izahrullah, Makartitama Muhammad Abdul Ghofur, Kepayang Sobari, Durian Rosidi, Bindu Zainal Badri, Peninjauan Novi Taruna, Makarti Jaya I. Wayan Suada, Karang Dapo Martinawaty, Mitra Kencana Mujiono, Penilikan Amim Handari, dan desa Mendala Dodi Farisi.

Turut hadir pada acara ini Asisten I, Kadin PMD, Muspika, dan Pj. Kades setempat. (RED)****

No More Posts Available.

No more pages to load.