Bantuan BLT Rp 600 ,000 Perbulan Dalam Bentuk Sembako

oleh -378 views

 

Baturaja .Cj .Com – Bupati OKU Pimpin Rapat Program Pengendalian Ekonomi dan Ketahanan Pangan Daerah Bertempat di Ruang Bina Praja Pemkab OKU, Selasa (14/04/2020).

Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis didampingi Sekretaris Daerah Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, S.E., M.T., M.Si., M.H mengatakan Presiden Jokowi memutuskan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) per keluarga sebesar Rp.600.000 per bulan dalam bentuk sembako. Bantuan ini diberikan selama 3 bulan untuk keluarga miskin/kurang mampu yang terdampak Covid-19.

BACA JUGA ;   Pandangan Bupati OKU Terhadap Raperda Inisiatif DPRD Kab.OKU Tahun 2020 Di Wakili Sekda OKU

Kendati begitu, dengan syarat bahwa penerima bantuan ini tidak menerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Pra Kerja, dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Bupati OKU mengatakan pemberian BLT akan dilakukan mulai bulan April-Juni 2020.
Pemerintah Daerah juga telah menginstruksikan camat untuk memverifikasi dan validasi data dari desa dan kelurahan masing masing kecamatan terkait calon penerima bantuan langsung tunai ( BLT ) agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran.

BACA JUGA ;   Ditanya Soal DD Kades Kedaton Ucap Kan Kata Taksenonoh Kepada Wartawan

Jadi calon penerima BLT ini, adalah seluruh keluarga yang sudah diverifikasi datanya, Bupati OKU minta tambahan data-data yang akurat, mulai dari nama penerima bantuan, alamat yang jelas dari kecamatan dan desa tersebut yang sekarang ini atau saat ini tidak merima Bansos lainnya, saat ini tim dinas sosial melalui petugas TKSK sedang melakukan pemuktahiran data penerima BLT dengan melibatkan camat, kades dan RT/RW, diharapkan awal puasa sudah dapat disalurkan kepada masyarakat yang kurang mampu/miskin.

BACA JUGA ;   Dua Ton Setengah Paket Sembako Dari Menkumham Disalurkan di OKU

Terkait jumlah penerima dan mekanisme pemberian bansos, Bupati OKU mengharapkan kepada dinas Sosial, dinas PMD dan dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dapat berkoordinasi dengan baik agar penerima BLT benar-benar sesuai dengan kriteria keluarga miskin/kurang mampu yang ditetapkan pemerintah pusat.

Hadir pula pada acara ini, Kepala BPS, Bulog, Asisten I, OPD terkait, Kabag dan Camat.(RED )****